> Warung Bebas

Sekitar 75% Aplikasi Android bisa dipakai di Firefox OS


Munculnya kabar soal Firefox OS memang sempat membuat beberapa orang gundah. Mencicipi sistem operasi baru jelas godaan yang sangat besar. Di saat yang sama, kompatibilitas aplikasi juga bisa jadi mimpi buruk. Untungnya, ada sedikit pencerahan yang menyebutkan kalau hampir semua aplikasi Android masih tetap bisa digunakan di sistem operasi buatan Mozilla ini.

Firefox OS, Mozila Firefox
TechRadar yang sempat mewawancarai Carlos Domingo, Product and Innovation Director Telefonica, menyebutkan kalau hampir sebagian besar aplikasi yang ada di Google Play bakal bisa diinstal di sistem operasi perangkat genggam ini.

"Hasil survei kami menunjukkan kalau 75 persen dari aplikasi di Google Play dan Apple AppStore dibuat dengan HTML 5 dan bisa dengan mudah di pakai ke Firefox," jelas Domingo.

Tentu saja kabar ini jadi angin segar buat para developer yang selama ini membuat aplikasi berdasarkan browser. Aplikasi browser-based ini bisa berfungsi dengan baik pada sistem operasi yang dijagokan sebagai tandingan Android ini. Facebook dan Twitter pun nantinya bisa terintegrasi dengan baik pada Firefox OS.

Meluncurkan sistem operasi, terutama untuk perangkat genggam, memang punya tantangan tersendiri. Sistem operasi mobile jelas tak bisa berdiri sendiri. Dibutuhkan banyak aplikasi untuk menyempurnakan sistem operasi ini dan tanpa dukungan dari pengembang, rasanya sebuah sistem operasi tak akan bisa berkembang dengan baik.

Mozilla memang sedang membangun market place aplikasi mereka sendiri namun di titik awal, jumlah aplikasi yang tersedia akan sangat terbatas. Kalau sebagian besar aplikasi bisa dengan mudah diboyong ke Firefox OS, bisa jadi sistem operasi ini bakal berkembang seperti Android.

Dari sisi konsumen, pilihan jelas akan lebih terbuka luas. Munculnya pesaing bakal mendorong Google, Apple, dan Microsoft untuk memberikan berbagai fitur menggoda pada konsumen.
ref : merdeka.com
Sekitar 75% Aplikasi Android bisa dipakai di Firefox OS 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Sekitar 75% Aplikasi Android bisa dipakai di Firefox OS' On ...

Ditulis oleh: Arya Dharma - Minggu, 08 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Sekitar 75% Aplikasi Android bisa dipakai di Firefox OS"

Posting Komentar