> Warung Bebas

Cara Membuat RSS Feed menjadi Full Text


RSS (originally RDF Site Summary, often dubbed Really Simple Syndication) is a family of web feed formats used to publish frequently updated works—such as blog entries, news headlines, audio, and video—in a standardized format.[2] An RSS document (which is called a "feed", "web feed",[3] or "channel") includes full or summarized text, plus metadata such as publishing dates and authorship.
Artinya:
RSS (RDF Site Summary, sering disebut Really Simple Syndication) adalah sekumpulan umpan web yang digunakan untuk mempublikasikan berbagai macam kegiatan secara rutin seperti postingan blog, headline berita, audio dan video dalam format yang distandarisasi. Sebuah dokumen RSS (feed, web feed, atau channel) terdiri dari seluruh atau sebagian teks, ditambah metadata seperti tanggal publikasi dan penulis.

 Nah, sedangkan Yahoo! Pipes menurut wikipedia

Yahoo! Pipes is a web application from Yahoo! that provides a graphical user interface for building data mashups that aggregate web feeds, web pages, and other services, creating Web-based apps from various sources, and publishing those apps. The application works by enabling users to "pipe" information from different sources and then set up rules for how that content should be modified (for example, filtering). A typical example is New York Times through Flickr,[1] a pipe which takes The New York Times RSS feed and adds a photo from Flickr based on the keywords of each item. Other than the pipe edition page, the website has a documentation page and a discussion page. Documentation page contains information about pipes, a user guide on pipe edition and a troubleshooting guide. The discussion page enables users to discuss the pipes with other users. The site is currently in beta.
Artinya kurang lebih sebagai berikut:
Yahoo! Pipes adalah sebuah aplikasi web dari Yahoo! yang menyediakan antarmuka grafis bagi pengguna untuk membangun mashup data yang mengumpulkan feed web, halaman web, dan layanan lain, membuat aplikasi berbasis web dari berbagai sumber, dan menerbitkan applikasi mereka. Aplikasi bekerja dengan memungkinkan pengguna untuk meng"pipe" informasi dari sumber yang berbeda dan kemudian membuat aturan bagaimana suatu konten harus diubah (misalnya, penyaringan).

 Setelah mengetahui sedikit tentang apa itu RSS feed dan Yahoo! Pipes, maka saatnya untuk mempelajari bagaimana cara membuat RSS feed summary menjadi full text

1. Login ke http://pipes.yahoo.com/pipes menggunakan akun Yahoo! Anda. Jika belum punta silahkan mendaftar terlebih dahulu. Dan jangan lupa site yang akan kita buat RSS feednya menjadi full text. Sebagai contoh dalam percobaan kali ini, saya mengambil RSS feed dari http://w3.easyseotips.net

2. Setelah login klik "create pipe" yang ada di pojok kanan atas.



Cara membuat RSS feed summary menjadi full text dengan menggunakan Yahoo! Pipes
Kita akan dibawa ke pipes editor seperti pada gambar diatas. Pada bagian kiri itu ada semacam library atau sekumpulan module-module perintah yang nanti akan kita gunakan. Apabila kita klik akan ada penjelasan di bawahnya. Di bagian tengah ada kanvas tempat kita meletakkan module yang ada di samping kiri dengan cara men-drag-nya kebagian kanvas atau dengan cara mengeklik tanda + di sebelah kanan nama module. Dan yang terakhir di bagian bawah kanvas terdapat debugger area yaitu tempat kita melihat hasil pipe yang kita kerjakan. Namun module-module yang kita pakai sekarang adalah module Fetch Feed (sub Sources), module Loop (sub Operators dan module Fetch Page (sub Source juga).

3. Drag module Fetch Feed ke dalam area kanvas. Masukan RSS feed yang akan kita pakai di kotak pengisian module (contoh http://w3.easyseotips.net/feed). Untuk melihat hasil sementara klik module tersebut sehingga berwarna orange atau dengan mengklik refresh pada debugger area. Lihat di bagian debugger area. Kalau bisa terlihat teruskan ke tahap berikutnya sedangkan jika tidak bisa akan muncul tulisan "could not parse Feed from: http://*****" maka cari RSS feed yang lain. Seperti yang sudah saya katakan pada awal artikel ini, ada beberapa web / blog yang tidak mengijinkan RSS feednya dipakai oleh Yahoo! Pipes.






Cara membuat RSS feed summary menjadi full text dengan menggunakan Yahoo! Pipes

4. Tambah module Loop ( sub operators ) ke dalam kanvas, kemudian drag module Fetch Page (sub Sources) ke dalam tengah-tengah module Loop yang tadi kita tambahkan. Kemudian hubungkan module Fetch Feed dengan module Loop dan Pipe Output dengan cara menarik lingkaran yang ada dibawah module Fetch Feed ke lingkaran yang ada di atas module Loop dan menarik lingkaran yang ada di bawah module Loop ke lingkaran di atas module pipe output. Jika terhubung akan ada garis berwarna biru yang menghubungkan dua module tersebut. Setelah itu di kotak module Fetch Page ubah URL ke item.link. Checklist assign, ubah menjadi first dan pada results to pilih item.description.


5. Buka http://w3.easyseotips.net/feed di tab yang baru. Klik title yang mana saja. Setelah terbuka alamat asli dari artikel tersebut klik kanan pilih view pagesource atau tekan tombol CTRL+U pada keyboard. Cari teks awal artikel tersebut. Ternyata pada artikel itu dimulai dengan <div class="singleentry"%gt;, copy tag tersebut ke cut content from pada module fetch page di pipe editor. Ulangi mencari teks akhir artikel tersebut dan copy tag setelah kata-kata terakhir dalam artikel. Pada artikel tersebut ternyata diakhiri dengan , copy tag tersebut pada pipe editor setelah to <!-- you can start editing here -->. Jadi cut content from <div class="singleentry"> to <!-- you can start editing here -->. Coba refresh lagi di debugger area, ternyata RSS feed yang tadinya summary text telah menjadi full text.




Cara membuat RSS feed summary menjadi full text dengan menggunakan Yahoo! Pipes

. Sebagai langkah terakhir, save hasil kerjaan dan run pipe untuk melihat hasil kerjaan kita dan klik Get as RSS untuk mengambil menjadi RSS feed 

Cara membuat RSS feed summary menjadi full text dengan menggunakan Yahoo! Pipes













Selamat Anda sekarang sudah bisa membuat RSS feed summary menjadi full text dengan menggunakan Yahoo! Pipes dan selamat mencoba.

Sumber Info : http://www.sindprip.com
Cara Membuat RSS Feed menjadi Full Text 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Cara Membuat RSS Feed menjadi Full Text' On ...

Ditulis oleh: Arya Dharma - Senin, 05 Maret 2012

1 Komentar untuk "Cara Membuat RSS Feed menjadi Full Text"

  1. I'm extremely impressed along with your writing abilities as well as with the structure in your blog. Is this a paid subject or did you customize it your self? Anyway stay up the excellent high quality writing, it is rare to see a great weblog like this one today..

    Feel free to visit my webpage ... bbq sauce recipe
    Also visit my homepage ... related internet page

    BalasHapus