> Warung Bebas

Trik Pemakaian Batery Laptop

 

Hay Sobat, kali ini saya akan memberikan sebuah trik untuk pemakaian batery laptop anda, simak trik nya dibawah ini : 


Beberapa Fakta yg saya Temukan, bahwa banyak orang menganggap kalau menancapkan charger terus2'an saat kondisi batery terpasang adalah oke2 saja. karena laptop mempunyai sirkuit proteksi yg otomatis memutuskan listrik saat batery penuh. namun tidak semudah itu. ini alasan nya : 


I. a. Musuh utama dari baterai lithium adalah overcharge. Meskipun di laptop2 sekarang ada intelligent circuitnya yang stop charging setelah baterai penuh, itu tidak benar2 baterainya di disconnect, melainkan hanya soft-switch. Dan masih ada arus yang mengalir melalui baterai tersebut.
Mengapa hal ini terjadi? Hal ini dilakukan untuk menjaga agar saat pasokan listrik dari kabel AC putus, baterai dapat langsung menggantikan secara instant.

Coba sobat buktikan dengan mencabut listrik AC pada saat Notebooknya hidup, switching ke baterai dilakukan dengan instant. Hal ini tidak dapat dilakukan jika baterai benar2 dalam kondisi off, karena diperlukan waktu untuk inisialisasi dan mengalirkan energinya yang walaupun hanya sekian detik, membuat laptop mati.


b. Dengan penggunaan model autoswitch, yakni sebenarnya setelah penuh dia gak akan langsung putus, namun msh ada waktu beberapa detik hingga menit sebelum sirkuitnya benar2 bekerja untuk memutuskan aliran charging. Nah pada saat inilah overcharge terjadi.

Beberapa merek laptop (dengan software power management) bisa diatur agar power threshold battery diatur agar otomatis switch ke line power eksternal , jadi bukannya setelah penuh baru switch, namun jika dibiarkan apa adanya saja, dan terjadi berulang – ulang (karena laptop agan suka dipakainya nyolok terus, dipastikan Baterai akan drop dengan cepat)

 
2. Musuh kedua lithium adalah life cycle. Baterai lithium mempunyai life cycle tertentu dimana tiap kali charge kapasitasnya akan semakin berkurang.
Saat sirkuit pemutus charge otomatis bekerja (memutuskan aliran listrik charge karena udah penuh, pada beberapa tipe laptop yang manajemen dayanya kurang bagus, jadi saat penuh sebenarnya ada pemakaian baterai walaupun cuman sedikit. Tapi walupun cuman sedikit dalam waktu cukup lama, kapasitas baterai akan berkurang sedikit yang dilanjutkan oleh auto charge oleh sirkuit. Namun karena ordenya yang singkat, charge ini tidak akan muncul di status laptop anda.

Nah apa pengaruh charge yang cuman sebentar ini? PEngaruhnya adalah life cycle. Karena lithium saat di charge dari kondisi 1% ke 100% itu dianggapnya sama saja dengan charge dari 99% ke 100%, yakni 1x life cycle. Saat life cyclenya semakin banyak, kapasitas baterai akan semakin berkurang.

3. Saat baterai di charge dan di pakai secara bersamaan, panas yang dikeluarkan akan lebih besar karena ada 2 buah kondisi proses energi. Panas yang dihasilkan bisa hampir gak kerasa sampai kerasa banget tergantung tipe laptop, padahal kita tahu panas berlebih adalah salah satu musuh utama dari perangkat elektronik…

Memakai laptop dengan memasang baterai dan charger secara bersamaan dan terus menerus, dipastikan 1/2 tahun saja kapasitas baterai anda akan drop bisa cuman sisa tinggal 1/2 nya saja dari kapasitas awal. Dan ga sampai setahun baterai anda cuman bisa ksh listrik 5-10 menit sebelum laptop padam.
Memang baterai lithium. Walaupun ga dipakai, setiap tahun kapasitasnya akan drop dengan sendiri kurang lebih 25% dari kapasitas awal saat dia dibikin (normalnya memang kayak gini gan), namun ada cara2 agar baterai laptop awet dipakai hingga 2 bahkan 4 tahun, dengan catatan kapasitasnya pasti berkurang, namun masih layak dipakai.
Trik Pemakaian Batery Laptop 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Trik Pemakaian Batery Laptop' On ...

Ditulis oleh: Arya Dharma - Selasa, 13 Maret 2012

Belum ada komentar untuk "Trik Pemakaian Batery Laptop"

Poskan Komentar