> Warung Bebas

Tips Pemakaian Batery Laptop

 


Cara pemakaian baterai laptop yang benar.
1. Cara kompromi : Charge baterai hingga 95%an (ga perlu 100%), pakai hingga baterai mau habis 5-10% tergantung tipe laptop, ada laptop yang 15% uda sekarat (laptop yang besar dan haus daya) ada juga yang 5% msh santai (netbook). Baru colok lagi charger sambil dipakai. Inget kalau udah mau penuh (95%an) lepas charge ulangin lagi.

2. Cara sedikit repot: Sama kayak diatas, cuma pas mau charger, laptop standby/matiin/jangan dipakai, pas udah ijo/full copot charger. Hal ini untuk menghindari point 1 dan 2 diatas, dimana fungsi autoswitch diminimalkan, yang berimbas pada terhindarnya overcharge dan berkurangnya life cycle.


3. Cara repot. Matiin laptop, charge ampe ijo, lepas charger, lepas baterai lalu simpen di tas. Pake laptop via UPS biar aman. Pas lagi travel baru dipasang lagi tuh baterai. Cara ini ga bisa dipakai untuk laptop dengan tipe baterai yang built in (contoh: MACBOOK UNIBODY)
Universal tips:

1. Jika memang harus memakai listrik luar, usahakan power managementnya di set untuk threshold switch ke eksternal power sourcenya cukup di 90% saja biar aman.

2. Usahakan untuk selalu memakai stabilizer/UPS jika ada, hal ini untuk menjaga jika ada kemungkinan terjadinya spike yang bisa merusak laptop anda (biasanya yang terkena pertama kali adalah adaptornya, sayang kan adaptor juga mahal sob)

3. Jangan memakai aksesoris berlebih yang menyumbat aliran udara laptop


*Metode 1 umur baterai setelah 2 tahun kurang lebih capacity dari kondisi awal msh 30-40%.
*Metode 2 msh sisa 40-60%

*Metode 3 msh sisa 50-70%
Tips Pemakaian Batery Laptop 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Tips Pemakaian Batery Laptop' On ...

Ditulis oleh: Arya Dharma - Selasa, 13 Maret 2012

Belum ada komentar untuk "Tips Pemakaian Batery Laptop"

Posting Komentar