> Warung Bebas

9 Negara yang Pernah Melarang Konser Lady Gaga


Lady Gaga
Lady Gaga selalu menjadi kontroversi. Dari aksi panggung, cara berpakaian, lirik lagu, dan status jejaring sosialnya di Twitter. Di Indonesia, polisi tak bersedia mengeluarkan izin konser buat artis bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta yang seharusnya diadakan 3 Juni 2012 di Gelora Bung Karno, Jakarta. 


Ini Dia Daftar Negara yang Pernah Melarang Lady Gaga

1. Malaysia 
Pada 2011, Malaysia pernah menolak Lady Gaga datang ke negaranya. Gara-garanya, lirik lagu Born This Way dinilai menawarkan nilai-nilai homoseksualitas.

Beberapa lagu Gaga pun kena sensor. Salah satunya, kalimat dalam lirik lagu Born This Way, yaitu "no matter gay straight or bi, lesbian transgendered life", disingkirkan dan digantikan dengan pengulangan kata "no matter" sebanyak tiga kali. Sejumlah video klipnya juga dilarang tayang di Malaysia. 

2. Cina 
Menteri Kebudayaan Cina mencekal beberapa lagu Gaga karena dinilai vulgar dan merusak kultur bangsa. Sedikitnya ada enam lagu Lady Gaga yang dicekal: The Edge of Glory, Hair, Marry the Night, Americano, Judas, dan Bloody Mary. Soalnya, lirik lagu-lagu tersebut dianggap vulgar dan harus diturunkan dari peredaran di radio.

3. Filipina 
Pemuda Kristen Filipina menggelar unjuk rasa menolak konser Lady Gaga. Kaum Kristiani Filipina menganggap musik Lady Gaga, terutama lagu Judas menghina religi. Lirik lagu itu dianggap mengolok-olok Yesus Kristus atau Isa Almasih. Mereka juga menilai musik dan gaya hidup Gaga berbeda dengan nilai-nilai budaya Filipina.

4. Korea Selatan 
Kaum Kristiani di Korsel sempat mengadakan unjuk rasa menolak konser Lady Gaga karena dianggap vulgar, mendukung homoseksualitas dan biseksualitas, serta menghina agama. Bahkan spanduk-spanduk dipasang di jalan-jalan strategis. Sebagai jalan tengah, pemerintah Korea mengeluarkan kebijakan konser Lady Gaga itu hanya boleh dihadiri penonton berusia di atas 18 tahun.

5. Indonesia 
Lady Gaga sedianya menggelar pertunjukan di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 3 Juni 2012. Ia ditentang oleh sejumlah ormas, pejabat, dan tokoh masyarakat karena penampilannya yang dianggap vulgar, sesat, dan tidak sesuai dengan budaya Timur.

Hingga saat ini, Polda Metro Jaya tetap kukuh pada keputusannya untuk tidak mengeluarkan izin konser penyanyi asal Amerika Serikat ini. Meski promotor Big Daddy menawarkan sejumlah kompromi busana Lady Gaga agar konser tetap dapat terselenggara. 

Presiden Direktur Big Daddy Michael Rusli mengatakan perusahaannya telah berkoordinasi dengan manajemen Lady Gaga untuk mengubah penampilan penyanyi itu. Pendapat politikus Senayan, pejabat, dan tokoh masyarakat pun terbelah. Ada yang mendukung dan menolak konser. 

6. Lebanon 
Album kedua Lady, Gaga Born This Way, dinyatakan dilarang di Lebanon setelah dianggap menyinggung kaum Kristiani. Ribuan kopi album yang telanjur dikirim ke negara-negara Timur Tengah disita aparat di Lebanon. Album single Gaga, Judas, juga dilarang diputar di stasiun-stasiun radio lokal Lebanon atas alasan yang sama.

7. Australia 
Dunia pertelevisian Australia mencekal video klip Lady Gaga yang berjudul Love Game karena lirik-liriknya yang vulgar dalam menggambarkan adegan seks. Begitu pun adegan-adegan dalam video musiknya.

8. Singapura 
Judas Song dilarang tayang di seluruh stasiun radio di Singapura. Sempat pula ada penolakan konser Lady Gaga di negara tetangga ini.

9. Arab 
MTV Arabia mencekal video musik Love Game, yang liriknya secara eksplisit menyatakan seksualitas. Lagu yang sama juga dicekal di Australia dan seluruh saluran MTV Dubai. Alasan MTV Arabia adalah lagu dan video klip itu dianggap merusak generasi muda.Semoga menambah wawasan kita semua
9 Negara yang Pernah Melarang Konser Lady Gaga 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share '9 Negara yang Pernah Melarang Konser Lady Gaga' On ...

Ditulis oleh: Arya Dharma - Selasa, 29 Mei 2012

2 komentar untuk "9 Negara yang Pernah Melarang Konser Lady Gaga"

  1. Negara kita no 5 gan..
    mantapp nih infonya...

    BalasHapus
  2. @Angga Bloggers Ia Nih Gan,, Lmayan Lah Ranking Nya,, hehehe

    BalasHapus