> Warung Bebas

5 Tips Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

TEMPO.COJakarta - Pengguna ponsel Android seringkali mendapati kinerja ponselnya melambat. Saat menekan tombol beranda atau aplikasi, ponsel malah kembali ke menu sebelumnya. Nah, ternyata ada cara mengatasinya. Anda bisa mempercepat kinerja ponsel Android dalam waktu kurang dari 5 menit dengan tips berikut:

1. Hapus Tembolok (Cache) Aplikasi (30 detik)
Anda bisa menghapus tembolok dari tiap aplikasi dengan mengunjungi halaman penyimpanan pada menu Pengaturan, lalu pilih opsi: hapus tembolok. Akan tetapi, banyaknya aplikasi pada ponsel membutuhkan waktu lebih banyak untuk melakukannya secara manual. 

Agar lebih cepat, Anda bisa mengunduh aplikasi gratis App Cache Cleaner. Aplikasi ini bisa menghapus seluruh tembolok sekaligus hanya dengan dua kali tekan.

2. Uninstall Aplikasi yang Tak Digunakan (60 detik)
Aplikasi yang tidak digunakan sebaiknya Anda hapus. Sebab, aplikasi yang tidak Anda gunakan hanya akan membuat memori Anda penuh dengan percuma.

3. Install Peluncur Aplikasi Baru (30 detik)
Peluncur aplikasi ponsel mengontrol desktop Anda, menu aplikasi pengunci layar, dan bagian penting lainnya. Peluncur aplikasi mempercepat sistem operasi. Tersedia beberapa peluncur aplikasi di app store. Lightening Launcher Home merupakan peluncur yang paling cepat dan gampang digunakan. 

4. Hapus Widget dan Shortcut yang Tidak Diperlukan (30 detik)
Walaupun Anda menggunakan aplikasi peluncur, ponsel anda akan tetap memakan banyak memori karena widget danshortcut yang ada. Hapus widget yang sama sekali tidak digunakan dengan menekan dan menggesernya dari layar. 

5. Batasi atau Non-Aktifkan Background Data (10-60 detik)
E-mail, Gmail, Facebook, Twitter dan aplikasi lainnya tidak cuma menghabiskan energi baterai, tapi juga memakan kapasitas sistem dan memperlambat kinerja ponsel. Padahal, belum tentu semua aplikasi itu perlu Anda cek setiap waktu. Sebagian mungkin bisa Anda cek secara manual. Misalnya, Anda merasa tak perlu mengecek pemberitahuan dari Facebook setiap saat. Nah, Anda bisa menonaktifkannya.

Cara nonaktifkan background data untuk semua aplikasi:
1. masuk ke Pengaturan
2. pilih Penggunaan Data
3. buka menu dengan menekan tiga titik di bagian atas pojok kiri layar atau pilih tombol menu (pada ponsel Samsung dan LG).
4. ubah autosync data menjadi off dan pilih ok pada pemberitahuan yang muncul.

Untuk nonaktifkan background data Gmail, Google+ dan layanan Google lainnya:
1. masuk ke Pengaturan
2. pilih Google pada halaman akun
3. pilih nama akun. 
4. ubah semua sinkronisasi data menjadi off, termasuk e-mail, kontak, dan kalender.

Untuk nonaktifkan background data di aplikasi lain seperti Facebook dan yang lainnya, Anda harus langsung masuk ke menu pengaturan aplikasi tersebut. Lalu pilih opsi perbarui manual atau tidak pernah diperbarui.

Untuk nonaktifkan beberapa aplikasi anda cukup meluangkan waktu 2 menit 40 detik. Waktu yang sangat singkat bukan?
5 Tips Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share '5 Tips Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android' On ...

Ditulis oleh: Arya Dharma - Minggu, 14 Juli 2013

Belum ada komentar untuk "5 Tips Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android"

Poskan Komentar